Potang Balimau

Ramadhan adalah suatu bulan yang paling mulia dibandingkan dengan bulan yang lainnya, sebab Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan ibadah, segala amal ibadah yang kita lakukan pahalanya dilipat gandakan dari hari-hari atau bulan-bulan biasa. Agar kedatangan bulan ini lebih berkesan maka berbagai macam hal, acara atau ritual dilakukan untuk penyambutan bulan suci ini.

Namun ada sebagian banyak orang salah persepsi dalam mengaplikasikan penyambutan bulan Ramadhan ini yang sering kita dengar dengan istilah balimau atau potang balimau dalam istilah orang Payakumbuh. Dinegeri kita, yang berkembang itu adalah penyambutan tradisi atau budaya sedangkan penyambutan yang berdasarkan nilai-nilai ajaran islam sudar mulai memudar.

Mungkin sebagian kita ada yang tahu dan ada yang tidak tahu makna dan tujuan balimau, namun realita yang kita lihat adalah banyak orang yang salah mengartikan dan menyikapi balimau. Satu hari menjelang Ramadhan itu banyak dimanfaatkan oleh remaja untuk pergi berpasangan atau berkelompok dan menghabis waktu sampai menjelang maghrib atau malam bahkan ada yang pulang pagi. Ini bisa jadi menggambarkan bahwa mereka bersenang-senang dulu menjelang kedatangan Ramadhan, bukan untuk mensucikan diri malah mengotori diri.

Disini jelas bahwa nilai ajaran Islam dalam hal penyambutan bulan suci Ramadhan sudah melenceng jauh, lalu bagaimana dengan diri kita? Apakah kita sudah mensucikan diri untuk menyambut Ramadhan kemaren? Dan apa sumbangan pemikiran atau nasehat yang telah kita berikan kepada mereka yang sudah lari.

1 Komentar:

Ade Faulina at: 1 Februari 2009 pukul 04.54 mengatakan...

Adiiilll..makasih banyak yo. kadonyo ma??? ditunggu..heheheh!!!

Posting Komentar

Komentarmu apa tentang foto ini ?

CUBO CARI DI SIKO

Ikuti Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.